TENTANG KAMI

Profil Difabel Blora Mustika ( DBM )

Difabel Blora Mustika (DBM) adalah lembaga Organisasi pergerakan Penyandang Disabilitas. Yang bertujuan untuk mendorong dan mengawal pemerintah daerah adanya keberpihakan,kebijakan dan peraturan daerah untuk pemenuhan hak-hak dann perlindungan penyandang disabilitas dikabupaten blora, menuju kabupaten/kota blora yang ramah dan inklusi difabel. DBM berdiri tahun 2011 yang beranggotakan semua penyandang Disabilitas dan Kusta serta orang yang mengalami Kusta (OYPMK). Perjalanan pergerakan DBM yang awal namanya FKPD-BM (Forum Komunikasi Penyandang Disabilitas Blora Mustika) Sempat maju mundur masih lemah pergerakannya, Beranggotakan 20 orang difabel aktif dan 120 data difabel dari 16 Kecamatan. Tahun 2013 FKPD-BM berganti nama DBM (Difabel Blora Mandiri) beranggotakan 30 Difabel  aktif dan 250 data difabel dari 16 kecamatan. DBM (Difabel Blora Mandiri)  berganti nama lagi FKPD-BM lagi dengan  beranggotakan 40 orang aktif  dan 350 data difabel dari 16 cabang kecamatan. Tahun 2015 FKPD-BM berganti nama lagi menjadi DBM (Difabel Blora Mustika) beranggotakan 50 difabel aktif dan 753 data difabel dari 16 kecamatan. Karena mengikuti aturan pemerintah syarat sah menjadi organisasi resmi, termasuk Persyaratan Akta Notaris dan MENKUMHAM. Nama DBM (Difabel Blora Mustika) menjadi resmi  hingga sampai saat ini.

          Yang dulunya Tanggal 10 September  2011 DBM masih berjalan apa adanya  karena, keterbatasan dana dan belum banyak pihak yang mendukung mengalami kemunduran.  DBM mulai maju sejak tanggal 10 september 2013 bekerjasama dengan Netherlands Leprosy Relief (NLR) dan Pusat Pengembangan Pelatihan Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (PPRBM). Dari dukungan Program Pemberdayaan dan Advokasi Difabel diatas, sejak itulah DBM mulai membaik diterima semua kalangan dan pemerintah membuka hati untuk menerima keberadaan DBM.

          Tujuan lain didirikan Difabel Blora Mustika ( DBM)adalah melakuan advokasi,lobby serta bekerja sama dengan pemerintah dan atau dengan pihak lain untuk mencapai kesamaan kebijakan dalam segala aspek kehidupan bagi penyandang disabilitas dan kusta. Yang ber-SK Dinas Nakertransos No. 460/917/2013 dan akta notaris – 39 – Tgl  25 agustus 2014, Sekarang berubah menjadi SK Dinas Nakertransos No. 460/917/2013 Akta Notaris -16- Tanggal 07 September 2015 disahkan MENKUMHAM No. 6015091633101353. Sekarang DBM menjadi organisasi resmi difabel yang berkedudukan di Kabupaten Blora, Beranggotakan 753 Difabel dan OYMK, terbentuknya 16 Pengurus DBM ditingkat Kecamatan. Kesekretariatan DBM Beralamatkan di Jln. Hasanuddin Depan SMP 03 Blora Desa Kamolan rt 05 rw 01 Kecamatan Blora Kabupaten Blora Jawa Tengah Indonesia.

Saat ini keanggotaan dan kepengurusan DBM dibagi menjadi 16 (enam belas) Kelompok Kecil, masing-masing kelompok ada pengurus yang dipilih oleh anggota kelompoknya. Meskipun masing-masing kelompok bersifat mandiri, namun ada pertemuan bersama 16 kelompok setiap 3 bulan sekali untuk sharing perkembangan dan pengalaman. untuk mewakili DBM ditingkat kabupaten, Ada seorang ketua umum  dan wakil umum tingkat kabupaten yang dipilih dari kepengurusan  kelompok kecil.

Kegiatan DBM adalah bertujuan untuk pemberdayaan anggota DBM melalui Pelatihan, Kegiatan Usaha Produktif, Usaha Simpan Pinjam, Kerjasama Usaha, Dan Sebagainya. Keberadaan DBM juga bertujuan untuk melakukan pendataan dan kajian Sosial Ekonomi Difabel di Kabupaten Blora, Kemudian melakukan kampanye dan advokasi dalam rangka memperjuangkan Kesetaraan Hak dan kesempatan bagi anggota DBM khususnya dan difabel di Kabupaten Blora pada umumnya.

Sedangkan Visi Misi DBM adalah sebagai berikut:

  • Visi:

“ Terwujudnya Kabupaten Blora Ramah Dan Inklusi Difabel”

  • Misi :
  • Mewujudkan adanya perlindungan terhadap hak-hak difabel
  • Mewujudkan warga difabel yang kompak dan bersatu
  • Mewujudkan adanya pemetaan warga penyandang disabilitas
  • Mewujudkan pemberdayaan penyandang disbilitas.
  • Adanya modal usaha untuk penyandang disabilitas dan OYMK yang mempunyai usaha mandiri

Motto  : Kecacatan bukanlah kekurangan untuk menatap masa depan adanya seyuman dan

  semangat menuju kesuksesan.

Nilai    : Kebersamaan, Persaudaraan, Kekeluargaan, Kemandirian, Keterbukaan, dan

  Kejujuran.

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com