Mensos Risma Percaya Digitalisasi Media Dapat Meminimalisasi Kesenjangan
Mensos Tri Rismaharini dalam sambutannya pada acara launching SheHacks 2021 di Gedung Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta (9/6/2021). (DOK. Humas Kemensos)


Penulis Dwi Nur Hayati | Editor Mikhael Gewati KOMPAS.com – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, luas geografis Indonesia dan keanekaragaman sosial budaya secara tidak langsung menimbulkan kesenjangan. Kesenjangan tersebut, sebut dia, dapat dikikis dengan penggunaan teknologi digital. “Masalah kesenjangan juga dihadapi Kementerian Sosial (Kemensos) dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS),” ujar Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma, dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Rabu (9/6/2021). Ia mencontohkan, misalnya terhadap penyandang disabilitas yang memiliki keterbatasan. Begitu pula, komunitas adat terpencil (KAT) yang tinggal di daerah dengan akses dasar terbatas.

Kendati demikian, Risma telah mentransformasikan mesin braille ke digital bagi penyandang disabilitas netra. Selain penyandang disabilitas netra, ia mengaku akan mentransformasikan buku cetak ke bentuk gambar untuk disabilitas rungu.

“Materi ini sangat penting untuk mereka, karena modulnya berisi bimbingan ke arah kemandirian ekonomi,” kata Risma, dalam sambutannya pada acara launching “SheHacks 2021” di Gedung Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta (9/6/2021). Dalam agenda itu, Risma menyampaikan, akan terus mendukung dan mendorong inovasi teknologi pada semua kalangan, termasuk yang saat ini dilakukan Indosat Ooredoo.

“Saya terima kasih kalau ada peserta SheHacks bisa membuat transformasi itu terutama untuk saudara kita penyandang disabilitas,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, Mantan Wali Kota Surabaya ini juga mengisahkan bagaimana sulitnya berkomunikasi dengan pejabat di daerah pedalaman di timur Indonesia.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com