Jakarta Anak disabilitas menjadi salah satu kelompok yang paling rentan dalam masa COVID-19 baik dari segi kesehatan, pendidikan, maupun akses sehari-hari. Maka dari itu, diperlukan beberapa penyesuaian khusus selama masa pandemi.

Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Nahar, SH, M.Si mengatakan, setidaknya ada 4 penyesuaian yang perlu dilakukan untuk anak-anak penyandang disabilitas.

“4 penyesuaian tersebut yakni penyesuaian akses kesehatan, pengasuhan, pendidikan, informasi dan aksesibilitas,” kata Nahar dalam webinar Kemen PPPA, ditulis Senin (25/1/2021).

Penyesuaian akses kesehatan meliputi:

– Penekanan penularan virus Corona melalui upaya-upaya pencegahan.

– Memerlukan pendampingan khusus dan perawatan.

– Kebutuhan akan tenaga kesehatan dalam penanganan anak penyandang disabilitas.

– Melakukan perawatan dan pertimbangan usia dan keragaman disabilitas dan harus mempertimbangkan kemungkinan diskriminasi dan pelanggaran hak.

Penyesuaian Aspek Pengasuhan

Penyesuaian aspek pengasuhan dibagi dalam dua jenis sesuai tempat pengasuhannya yaitu di panti dan di rumah.

Ketika anak diasuh di rumah maka diperlukan kemampuan pengasuhan yang baik bagi anak penyandang disabilitas. Ruangan rumah yang kecil dan sempit juga harus disesuaikan agar aktivitas anak dirumah tidak terlalu terbatas.

Sedangkan, penyesuaian di panti juga perlu dilakukan mengingat kendala yang ditemukan adalah terkait kesulitan dalam penerapan jarak sosial antara penghuni dan pengurus.

Penyesuaian Akses Informasi dan Aksesibilitas

Penyesuaian akses informasi bagi penyandang disabilitas berkaitan dengan media-media yang digunakan untuk memberitakan fakta-fakta terkini khususnya tentang COVID-19. Media perlu disesuaikan dengan berbagai ragam disabilitas.

Misal, dalam konferensi pers di televisi harus ada juru bahasa isyarat agar informasi-informasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh penyandang tuli.

Sementara penyesuaian aksesibilitas mencakup infrastruktur, sarana, dan prasarana publik yang disesuaikan dengan kebutuhan difabel. Selain sesuai dengan kebutuhan difabel, sarana-sarana yang rentan disentuh seperti besi pegangan harus rutin disterilkan agar terbebas dari virus.

Penyesuaian Akses Pendidikan

Penyesuaian akses pendidikan bagi anak disabilitas meliputi:

– Dukungan tambahan dari guru atau tenaga pengajar agar anak disabilitas dapat berpartisipasi secara optimal saat kegiatan belajar mengajar.

– Penyediaan gawai yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh anak difabel atau bantuan dari orangtua untuk menggunakannya.

– Orangtua juga perlu menyesuaikan motivasi diri untuk mengajar anak di rumah agar anak ikut semangat.

-K arena anak mudah terdistraksi oleh suasana belajar di rumah, maka sedapat mungkin gangguan-gangguan tersebut perlu dihilangkan atau diminimalisasi.  

Sumber : https://www.liputan6.com/disabilitas/read/4465915/4-penyesuaian-yang-perlu-dilakukan-untuk-anak-difabel-di-era-covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com