Blora – Sebanyak 30 orang perempuan disabilitas dan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) mengikuti pelatihan kesetaraan gender selama satu hari penuh pada Jumat bertempat di ruang pertemmuan Hotel Mustika Blora (20/11/2020). Pelatihan yang diadakan oleh Difabel Blora Mustika ini bertujuan untuk menanamkan pemahaman tentang hak-hak perempuan disabilitas dan kesetaraan gender.

Peserta pelatihan terdiri dari 10 orang perempuan difabel Kecamatan Banjarejo, 10 orang perempuan difabel Kecamatan Kunduran dan 10 orang perempuan difabel Kecamatan Jepon. Ini merupakan kegiatan pelatihan ke empat yang diadakan oleh DBM. Kegiatan dimulai jam 08.00 WIB dibuka oleh Ketua Difabel Blora Mustika Abdul Ghofur.

“Saya senang sekali perempuan difabel dan oypmk dari 3 kecamatan ini antusias, selalu kompak menghadiri kegiatan yang kami adakan. Kegiatan ini supaya perempuan difabel paham betul dan tau hak-haknya sebagai perempuan sekaligus disabilitas. Ibu-ibu semuanya yang disini harus tetap semangat, simak dengan baik materi yang diberikan narasumber” ujar Ketua DBM dalam sambutannya.

Pemateri dari Yayasan Satunama Yogyakarta Karel Tuhehay menyampaikan beberapa materi tentang peran dan hak-hak perempuan difabel. Tidak hanya materi saja namun praktek memerankan sebuah cerita disabilitas yang dibagi menjadi beberapa kelompok.

Peserta mengucapakan terima kasih kepada DBM sudah melibatkan mereka dalam setiap kegiatan. Melalui DBM mereka wawasannya hilang dan stigma buruk di masyarakat hilang. “Terima kasih kepada DBM sudah memberikan banyak ilmu dan fasilitas kepada kami, kami  senang sekali” ucap Kasmi salah satu peserta dari Perdifa Banjarejo.

Sumber : Tim DBM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com