Blora – Difabel merupakan orang  yang  mempunyai kelainan fisik atau kurangya fungsi alat Indra yang dapat mengganggu aktivitas keharian. Karena setiap harinya mempunyai  keterbatasan banyak dari mereka mempunyai stigma buruk tentunya di kalangan perempuan tak terkecuali perempuan  orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK)

tepatnya di kabupaten Blora Perempuan Difabel dan OYPMK merupakan orang-orang rentan yang memiliki stigma Buruk yang tinggi entah dari diri sendiri maupun orang lain terhadap dirinya. Mulai dari Difabel Sensorik, Difabel Mental maupun Difabel Fisik.

Stigma yang dialami antara lain, rendah diri, Mudah Putus asa,  mudah menyerah dan sulit bergaul dengan masyarakat.

Tim Difabel Blora Mustika meliputi Project Leader, Project Officer dan Support Staff mengupayakan agar perempuan Difabel dan Perempuan OYPMK berdaya secara Sosial Dan Ekonomi .

Salah satu yang dikerjakan Tim DBM agar Perempuan Difabel  dan Perempuan OYPMK memiliki gambaran diri dan pemikiran positif ialah Pendataan dengan terjun langsung ke rumah penyandang disabilitas. Dimana Project Officer sebagai petugas lapangan dan Support staff membantu secara administrasi.

Tidak hanya itu, Tim DBM juga mengadakan kegiatan seperti Home visit, pelatihan pemberdayaan, motivasi training dan pendampingan  untuk mengasah skillnya tujuannya para perempuan difabel terbebas dari stigma,

Selain itu Tim DBM yang diketuai  Muh. Abdul Ghofur mengharapkan Bagaimana Perempuan Difabel  dan Perempuan OYPMK nantinya menjadi Perempuan  Disabilitas yang Mandiri memiliki usaha kecil, Bisa terlibat dalam kegiatan sosial Masyrakat dan tentunya ikut berpartisipasi dalam musyawarah di kalangan pemerintahan.

 

Sumber : Tim Difabel Blora Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com