Difabelnews.com- Untuk sinkronisasi dan terbaruinya data perempuan difabel dan orang yang pernah mengalami kusta (OYPMK) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (PMD) project officer dan support staff lakukan pendataan di tiga kecamatan sasaran yakni Banjarejo, Jepon dan Kunduran selama bulan Februari.

Pendataan dilakukan dengan kunjungan langsung kerumah masing-masing difabel perempuan dan OYPMK, namun sebelumnya sudah ada koordinasi dengan perangkat desa guna melakukan kegiatan ini. Pengumpulan data ini nantinya akan dijadikan sebagai dasar advokasi berbasis bukti ke dinas-dinas terkait di kabupaten Blora.

Dari tiga kecamatan sasaran tersebut ada sekitar 70 data difabel perempuan dan OYPMK yang didapatkan oleh project officer dan support staff dengan pembagian kecamatan Banjarejo 25 orang, kecamatan Jepon 25 orang, kecamatan Kunduran 20 orang. Diharapkan dari hasil pendataan di lapangan adanya data pilah dan data valid untuk perempuan difabel dan OYPMK.

Banyak kasus yang ditemukan dilapangan yakni masih ada difabel perempuan yang mengalami stigma diri, belum punya keterampilan, belum punya pekerjaan, dan bantuan ekonomi. Kesemuanya itu  perlu perhatian dari pemerintah.

Sumber : Tim Difabel Blora Mustika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com