Komunitas Difabel Blora Mustika (DBM) meminta dukungan berbagai pihak untuk mengawal percepatan perda ini. Hal ini ditempuh karena perda disabilitas di kabupaten tersebut belum terealisasi meski sudah hampir tiga tahun dibahas

Hal ini disampaikan Ketua DBM, Abdul Ghofur saat menggelar pertemuan lintas sektor dan ormas mendukung adanya perda disabilitas Kabupaten Blora, Kamis (23/5).

Hadir dalam pertemuan itu, kepala sekolah SLB se Kabupaten Blora, Pimpinan Cabang Muslimat Blora, Aisyah Blora, Fatayat Blora dan sejumlah perwakilan mahasiswa

Dia mengatakan, keberadaan perda difabel sangat penting untuk memberi kepastian hukum penyandang disabilitas di Blora.

“Kami berharap dengan adanya kehadiran jenengan disini, banyak memberi dukungan biar Blora jadi kota yang ramah inklusi,” katanya.

Dia pun kembali meminta dukungan sepenuhnya dari berbagai elemen untuk terwujudnya perda disabilitas di Kabupaten Blora. “Kami mohon kekompakannya, minta dukungan sepenuhnya. Tahun 2018 perda ini harusnya sudah selesai, tapi alasan DPRD belum sempurna,” tegasnya.

Dia mengungkapkan, jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Blora mencapai 16.000 orang. Jumlah ini merupakan tertinggi nomor tiga di Jawa tengah, setelah Kabupaten Tegal dan Brebes.

“Data BPS Jateng 2012, jumlah difabel di Blora 16 ribu. Sementara di data kami baru ada 720. Jadi masih banyak yang belum terdata. Karena apa? Kebanyakan mereka malu sebagai difabel,” terangnya.

Keinginan adanya perda disabilitas mendapat dukungan penuh dari sejumlah ormas yang hadir. Siti Aminah, pengurus muslimat Blora mengaku siap membantu mewujudkan perda difabel di kabupaten Blora.

“Kami siap mendukung apa yang telah menjadi keinginan temen-temen difabel. Muslimat siap ikut mengawal dan mendata anak-anak difabel sampai di desa-desa. Kita akan terjunkan anggota di tingkat ranting sampai anak ranting untuk ikut melakukan pendataan,” katanya.

Sumber : Rmol Jateng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com